Cart Total Items (0)

Cart

Screenshot_2024-09-11_092202-removebg-preview

Selamat datang di Program Studi
D4 - Teknik Pengendalian Pencemaran Lingkungan

Tentang Kami

Program studi ini dirancang untuk mengatasi tantangan pencemaran lingkungan melalui pendekatan praktis yang berfokus pada solusi nyata. Dengan perpaduan antara teori dan praktik, program ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dalam menganalisis, merumuskan, dan menerapkan strategi guna mengatasi berbagai permasalahan lingkungan. Lulusan diharapkan mampu mengembangkan solusi inovatif yang efektif dalam menjaga kelestarian lingkungan, serta berkontribusi aktif untuk memastikan kualitas lingkungan tetap terjaga demi kesejahteraan generasi mendatang.

Pada era modern ini, isu pencemaran lingkungan menjadi tantangan serius yang harus segera diatasi. Peningkatan aktivitas industri, urbanisasi, dan perubahan iklim menuntut adanya solusi praktis dan berkelanjutan untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan kesehatan masyarakat. Indonesia, sebagai salah satu negara berkembang, sangat membutuhkan tenaga profesional yang kompeten dan terampil untuk menghadapi tantangan ini, terutama di bidang pengendalian pencemaran.

Program Studi D4 Teknik Pengendalian Pencemaran Lingkungan di Politeknik Negeri Cilacap hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan kurikulum yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan industri, serta didukung oleh tenaga pengajar berpengalaman dan fasilitas yang memadai, kami berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang mampu menganalisis, merancang, dan menerapkan solusi efektif dalam mengatasi berbagai masalah lingkungan.

Kami percaya bahwa lulusan program studi ini akan memiliki kompetensi unggul, baik dalam aspek teknis maupun manajerial, serta memiliki kesadaran tinggi akan pentingnya pelestarian lingkungan. Fokus kami adalah membekali mahasiswa dengan hard skills dan soft skills yang seimbang, sehingga mereka siap berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan berkelanjutan.

Bergabunglah bersama kami dan jadilah bagian dari solusi untuk masa depan yang lebih hijau!

Visi

Menjadi program studi vokasi unggul yang menjadi rujukan di bidang teknik pengendalian pencemaran lingkungan di Indonesia dan mampu berkontribusi bagi masyarakat.

Misi

  1. Menyelenggarakan Pendididikan Vokasi berbasis teknologi yang bermutu, bermoral dan berkeadilan sosial bidang teknik pengendalian pencemaran lingkungan
  2. Menyelenggarakan penelitian dasar dan/atau terapan, serta menyebarluaskan hasilpenelitian bidang teknik pengendalian pencemaran lingkungan
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian untuk membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat bidang teknik pengendalian pencemaran lingkungan
  4. Membentuk jiwa kewirausahaan berbasis teknologi (technopeneurship)

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang teknik pengendalian pencemaran lingkungan sesuai dengan standar nasional pendidikan tinggi
  2. Menghasilkan penelitian bidang teknik pengendalian pencemaran lingkungan yang dapat diterapkan dan bermanfaat bagi masyarakat
  3. Menghasilkan kegiatan bidang teknik pengendalian pencemaran lingkungan yang bermanfaat bagi peningkatan taraf hidup masyarakat
  4. Menghasilkan lulusan yang berjiwa kewirausahaan

Kompetensi Lulusan

Kompetensi yang dimiliki oleh setiap lulusan D4 Teknik Pengendalian Pencemaran Lingkungan:

  1. Dalam bidang pencegahan, lulusan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengidentifikasi sumber-sumber pencemar dan memiliki pengetahuan dan keterampilan dibidang teknik-teknik untuk pengendalian dan pencegahan pencemaran dari sumber pencemar.
  2. Dalam bidang pengolahan dan imobilisasi limbah, lulusan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengidentifikasi limbah baik secara kualitatif maupun kuantitatif dan memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang teknik-teknik dan pengolahan dan imobilisasi.
  3. Dalam bidang utilisasi (pemanfaatan) bahan buangan, lulusan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengidentifikasi karakteristik bahan buangan, memahami sifat-sifatnya, dan memiliki keterampilan dibidang teknik-teknik untuk pengkonversian bahan buangan menjadi produk yang bernilai ekonomis.
  1. Dalam bidang pencegahan, lulusan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengidentifikasi sumber-sumber pencemar dan memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk merancang proses yang ramah lingkungan.
  2. Dalam bidang pengendalian dan pengolahan, lulusan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengidentifikasi sumber-sumber pencemar baik kualitatif maupun kuantitatif, merancang instalasi dan merancang alat olah limbah.
  3. Dalam bidang utilisasi (pemanfaatan) bahan buangan, lulusan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengidentifikasi karakteristik bahan buangan, merancang alat dan merancang produk berbasis bahan buangan.
  1. Lulusan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam teknik sampling, analisis dan monitoring lingkungan.
  2. Lulusan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam assessment lingkungan.
  3. Lulusan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan).
  4. Lulusan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan LCA (Life Cycle Assessment).
  1. Mampu mengidentifikasi, merumuskan dan menganalisis masalah secara tepat terkait dengan pengendalian pencemaran lingkungan.
  2. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian serta menginterpretasi data secara profesional.
  3. Mampu memeberikan rekomendasi penyelesaian masalah secara tepat dalam bidang pengendalian pencemaran lingkungan.

Mempunyai kemampuan beradaptasi dan pengembangan keterampilan secara mandiri serta mampu berfikir analitis dengan memperhitungkan dampak penyelesaian masalah di masyarakat baik pada lingkup lokal maupun global.

Capaian Pembelajaran

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  1. Mampu menerapkan prinsip-prinsip biologi, kimia, dan fisika untuk kondisi yang relevan.
  2. Mampu menghitung neraca massa dan energi serta proses perpindahannya.
  3. Mampu menghitung beban pencemaran lingkungan.
  4. Mampu menerapkan prinsip-prinsip pencegahan pencemaran, pengolahan dan pemanfaatan limbah untuk kasus yang relevan.
  5. Mampu menjabarkan prinsip operasi dari serangkaian unit proses untuk pengendalian lingkungan.
  6. Mampu mengkonsepkan proses untuk pengendalian pencemaran lingkungan.
  7. Mampu memilih unit dasar untuk pencegahan pencemaran, pengolahan dan pemanfaatan limbah.
  8. Mampu melakukan monitoring dan pengambilan sampel media lingkungan.
  9. Mampu melakukan pengukuran/survei lapangan dan laboratorium terhadap parameter lingkungan, termasuk penggunaan instrumen dan peralatan yang sesuai dengan teknologi lingkungan.
  10. Mampu memilih metode pengendalian mutu dalam pengambilan sampel dan pengukuran.
  11. Mampu menyusun laporan untuk menggambarkan hasil pengambilan sampel dan pengukuran lingkungan.
  12. Mampu analisis data untuk melakukan penilaian risiko lingkungan.
  1. Mampu mengoperasikan instrumen dan alat-alat ukur yang terkait dengan parameter lingkungan.
  2. Mampu mengerjakan survey dan pengambilan data sesuai dengan prosedur operasional standar.
  3. Mampu mendesain sistem ramah lingkungan sesuai dengan kebutuhan.
  4. Mampu mengoperasikan alat pemproses limbah atau bahan buangan.
  5. Mampu menunjukkan beban pencemaran lingkungan.
  6. Mampu menggunakan software CAD untuk sistem pengolahan limbah dan rancangan proses.
  7. Mampu mengelola data hasil pengujian lingkungan dari peralatan yang sesuai.
  8. Mampu menerapkan metode yang tepat dalam hal pengelolaan limbah industri.
  9. Mampu menyusun dokumen AMDAL.
  10. Mampu mempraktikan software LCA (Life Cycle Assessment).
  11. Mampu mendesain alat olah limbah dan atau produk berbasis bahan buangan.
  12. Mampu mengintrgrasikan informasi dari hasil monitoring lingkungan.
  13. Mampu mengembangkan jiwa technoprenuer.
  1. Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.
  3. Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  4. Mampu menyusun hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasidiri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya,dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Kurikulum

Kurikulum adalah perangkat mata kuliah dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan.

Peluang Kerja Lulusan

Profesional

Menjadi seorang profesional dalam bidang pengendalian pencemaran, dan pemanfaatan bahan buangan.

Surveyor dan Analis Lingkungan

Menjadi seorang analis dan surveyor bidang pencegahan dan pengendalian pencemaran serta dampak lingkungan.

Technopreneur​

Menjadi profesional mandiri khususnya pada bidang yang terkait dengan pengendalian pencemaran lingkungan.​

Perancang

Menjadi seorang perancang bidang pencegahan pencemaran, pengendalian pencemaran, pengolahan limbah dan utilisasi bahan buangan.

Peneliti

Peneliti yang bekerja di lingkup pengendalian pencemaran di industri.

Fasilitas

Dosen Homebase

Theresia Evila Purwanti Sri Rahayu, S.T., M.Eng.

198410252019032010

Rekayasa Pengolahan Air dan Limbah 

Taufan Ratri Harjanto, S.T., M.Eng.

04.17.8028

Rekayasa Pengelolaan Lingkungan

Rosita Dwityaningsih, S.Si., M.Eng.

198403102019032010

Rekayasa Pengolahan Air dan Limbah 

Ilma Fadlilah, S.Si., M.Eng.

199201032019032022

Rekayasa Pengolahan Air dan Limbah

Saipul Bahri, S.T., M.Eng.

04.17.8031

Rekayasa Pengelolaan Lingkungan

Nurlinda Ayu Triwuri, S.T., M.Eng.

198612042024212023

Rekayasa Pengelolaan Lingkungan

Ayu Pramita, S.T., M.M., M.Eng.

08.17.8040

Rekayasa Pengolahan Air dan Limbah

Oto Prasadi, S.Pi., M.Si.

199010012024061001

Rekayasa Pengolahan Air dan Limbah

Annisa Yuliana Angeline, S.Si., M.Sc.

199607212024062001

Muhamad Sofi Ardani, M.T.

199609032024061001

Nur Indah Wardani, S.Pd., M.Sc.

199006042024062001

Sari Sekar Ningrum, S.T., M.Eng.

199009282024062002

Zhilal Shadiq, S.Si., M.Eng.

199205172024061002

Berita